coklat paling 'ciamik' di dunia


Salah satu cokelat berkualitas asal Perancis ini rasanya memang yummy dan serasa melumer di lidah. Tak heran kalau cokelat ini jadi kesayangan para pastry chef dan chocolatiers di seluruh dunia. Apa yang membuat cokelat ini demikian istimewa?

Valrhona dulunya dikenal dengan sebutan La Chocolaterie de Vivarais dan ditemukan oleh M. Guironnet seorang pastry chef Perancis pada tahun 1922. Cokelat ini kemudian menjadi dikenal oleh berbagai industri supplier cokelat sebagai cokelat yang berkualitas untuk para chocolatiers di seluruh dunia.






Nama brand Valrhona sendiri yang dikenal hingga sekarang muncul kemudian sekitar tahun 1947. Tempat dimana M. Guironnet berasal yaitu Rhône Valley menjadi asal usul munculnya brand tersebut. Dimana 'Val' diambil dari Valley dan 'rhona' dari Rhône.

Pusat produksi cokelat Valrhona terletak di sebuah kota kecil Hermitage di sebelah utara kota Lyon, Perancis. Pioner cokelat ini memiliki quality control yang sangat ketat terhadap pembuatan produk-produk cokelatnya. Selain itu Valhorna juga menjadi trendsetter untuk pemakaian persentase cocoa yang terdapat dalam cokelat. Dimana pemakaian presentase cocoa tersebut kini diikuti oleh produk-produk cokelat lainnya di seluruh belahan dunia.

Valhorna menciptakan "Grand Crus" pada tahun 1984 dan "Chocolates du Domaine" pada tahun 1999. Cokelat "Grand Crus" tersebut konon diambil dari biji cocoa yang berasal dari daerah geografis yang telah ditentukan namun dengan perkebunan yang berbeda seperti Guanaja, Caraibe, dan Manjari.

Misalkan saja untuk Valrhona Manjari yang diolah dari biji cocoa terbaik dari Madagaskar. Pada cokelat ini terdapat minimum kandungan cocoa sebesar 68%. Sedangkan Valhorna dari Guanaja dikenal sebagai Valrhona Grands Crus yang merupakan dark chocolate pertama yang dikeluarkan oleh Valrhona.

Konon Valrhona Guanaja dibuat dari cocoa terbaik, Criollos yaitu pohon dengan aroma bunga dan buah, serta pohon Trinitarios yang ditandai dengan kuatnya aroma yang bercampur aduk sehingga menciptakan rasa pahit yang terasa yummy dilidah.

Di Indonesia cokelat ini dijual dengan harga yang cukup mahal berupa cokelat bar atau bubuk. Pokoknya jangan ngaku pencinta cokelat jika Anda belum mencicipi cokelat terbaik dari Perancis ini!

Artikel Terkait



2 komentar:

Fredi J on 10 Desember 2015 00.52 mengatakan...

enak sekali sepertinya jadi ingin membelinya...

Vix alexa on 4 Januari 2016 23.03 mengatakan...

kira2 kena harga berapa ya haha..

Jadi Apa Pendapat Anda...???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Copyright 2011 All Rights Reserved | Blogger Template by Memang Unik and Rudi's Facebook