cari makhluk mars, ilmuan lirik danau aussie


Tipe lingkungan yang ada di Mars dan apakah kondusif untuk menjaga keberlangsungan hidup, masih menjadi misteri besar bagi ilmuwan. Mereka pun melirik danau di Australia.
Dalam studi terbaru yang diterbitkan oleh Jurnal Astrobiologi, ilmuwan melakukan penelitian survei mikrobiologi pertama di danau mirip Mars di barat Australia.
Kandungan asam-garam alamiah danau tersebut menurut peneliti diperkirakan serupa dengan lingkungan Mars di masa lalu.
Lingkungan danau tersebut juga merepresentasikan kondisi bumi miliaran tahun lalu.
"Dari data yang diperoleh, tampaknya ada beberapa porsi Mars yang mengandung asam dan air asin,” ujar Peneliti Utama Melanie Mormile dari Universitas Sains dan Teknologi Missouri.
“Jika ada kehidupan di Mars maka kehidupan tersebut akan juga memiliki mekanisme yang berkembang subur di lingkungan tinggi kandungan garamnya.”
Banyak studi dengan meniru lingkungan Mars dilakukan di banyak negara di dunia. Sebagai contoh, ilmuwan dari Institut SETI (Search Extraterrestrail Intelligence) melakukan penjelajahan danau di dataran tinggi pegunungan Andes di Bolivia dan Chile.
Sedangkan proyek riset danau Pavilion gabungan NASA dengan Agen Luar Angkasa Kanada melakukan studi mikrobialiti modern di British Columbia Kanada.
“Studi kondisi mirip Mars yang ada di bumi menjadi kunci dan sangat bermanfaat dalam memperoleh informasi fundamental tentang kapabilitas hidup,” ujar Allyson Brady dari Universitas McMaster.
“Bumi merupakan studi terbaik untuk saat ini, studi paling terjangkau.”
Sebagian besar studi analog menurut Mormile fokus kepada kondisi pH netral atau mengandung alkaline. Fokus penelitian danau asam alamiah membuat studi Mormile menjadi lebih menarik.

Artikel Terkait



0 komentar:

Jadi Apa Pendapat Anda...???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Copyright 2011 All Rights Reserved | Blogger Template by Memang Unik and Rudi's Facebook