Ditemukan, Letusan Bawah Laut Menyeramkan




Ilmuwan menemukan letusan gunung berapi terdalam 4.000 kaki di bawah permukaan lautan Pasifik. Menggunakan kapal selam otomatis bernama Jason mereka merekam semburan lahar yang menyeramkan.
Gunung West Mata meletus pada kedalaman hampir 4000 kaki dibawah permukaan laut Pasifik. Peneliti mengungkapkan 80% letusan gunung berapi paling aktif terjadi di dasar lautan terdalam.
Hal itu juga menunjukkan bagaimana rantai pulau-pulau terbentuk.
Rekaman muntahan lava sangat panas Gunung West Mata yang berada di area lautan antara Fiji, Tonga dan Samoa menjadi yang paling menakjubkan di bumi dalam era modern ini.
Air dari dalam gunung berapi terbukti mengandung asam yang setara dengan asam baterai atau asam di pencernaan manusia, meskipun hal tesrbut tidak menghalangi udang mendekati pusat aliran lava gunung berapi.
Letusan West Mata yang pertama kali keluar pada bulan Mei telah memberikan ruang bagi para ilmuwan untuk melihat lava cair mengalir menyelimuti dasar lautan untuk pertama kalinya.
Gambar video asli milik dokumen Badan Sains Nasional Adminstrasi Atmosfer dan Laut Nasional AS menunjukkan lava cair menyembur sejauh tiga kaki sama halnya ketika lava pada awal letupan meledak dan melebar menyeberangi dasar lautan yang dalam.

Artikel Terkait



0 komentar:

Jadi Apa Pendapat Anda...???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Copyright 2011 All Rights Reserved | Blogger Template by Memang Unik and Rudi's Facebook