setelah facebook membosankan, apa generasi selanjutnya?



Mengagumkan memang ketika jumlah pengguna Facebook melebihi jumlah pemilik laptop dan komputer. Belum ada penelitian resmi, namum bisa dinalar bahwa kultur Facebook lebih mampu menyelesaikan persoalan gagap teknologi di berbagai lapisan masyarakat.
Dengan dukungan dari perangkat bergerak yang semakin murah harganya, dan spesifikasinya pun mendukung kebutuhan internet, maka jumlah tersebut lebih cenderung bertambah daripada berjalan di tempat.

The Next Big Thing

Facebook dan Twitter tak akan jadi tren abadi. Mau tak mau, mereka pasti akan menemui nasib seperti Friendster saat muncul produk baru yang lebih seksi dan menarik.
Jangan terlalu fokus membuat the next big thing. The next big thing teramat susah dikalkulasi. The next big thing happens in split second. Seperti saat Twitter jadi populer karena ada tragedi yang terjadi di sini.
Yang lebih masuk akal dan lebih mudah dihitung adalah produk yang menawarkan added value atau alternatif bagi yang sudah bosan dengan Facebook dan Twitter

Peluang Bagi Produk Lokal

Facebook dan Twitter bukan produk sempurna yang bisa memuaskan semua orang. Sehebat apapun manfaatnya, tak semua orang bakal merasa cocok dengan Facebook atau Twitter. Tapi banyak dari mereka yang terpaksa mencoba Facebook dan Twitter.
Setelah mereka bosan, kemana mereka akan pergi? Akan dipakai untuk apa perangkat bergerak yang sudah mendukung internet tersebut? Inilah peluang yang bisa ditangkap oleh produk lokal.
Bagaimana strategi untuk menangkap konsumen ini?

Augments Microblog

Habit konsumen tidak bisa diubah secara drastis. Saat ini mereka baru akrab dengan model status update di Facebook dan Twitter. Mungkin ditambah dengan mengunggah gambar dan video langsung dari hape. Oleh karena itu produk yang punya kesempatan sukses adalah produk yang model penggunaannya tidak terlalu jauh update status.
Ya, jadi agak jelas sekarang. Koprol bisa jadi the next thing karena mengaugmentasi status update dengan data lokasi. Tapi permainan baru mungkin harus ditambahkan supaya tidak terlalu terasa seperti produk pemain lama.

Enhances Social Network

Mengomentari status teman dan unggah foto jadul lama-lama pasti membosankan. Sedangkan Mafia Wars dan Farmville mungkin akan jadi produk tersendiri seperti yang disebut @dianarakeren. Lalu apa yang baru?
Mungkin koneksi selanjutnya adalah koneksi antara orang dan bisnis. Tidak sekedar dalam bentuk fans dan grup namun sudah menjangkau aktivitas transaksi. Jaringan sosial bisa dibawa ke tingkatan yang lebih lokal dengan entitas-entitas yang lebih nyata. Misalnya dengan entitas bisnis di sekitar tempat tinggal atau posisi realtime pengguna.

Where is Realtime Things?

Untuk yang satu ini silahkan Anda menyumbangkan komentar :D
So, sudah siap dengan produk baru setelah Facebook dan Twitter jadi membosankan?

Artikel Terkait



0 komentar:

Jadi Apa Pendapat Anda...???

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

 

Copyright 2011 All Rights Reserved | Blogger Template by Memang Unik and Rudi's Facebook